Friday, May 18, 2012

Here We Are! Indonesia Go Blog !

“ Blog adalah website dengan konten (konten bisa berupa teks, gambar, link, audio, atau video) yang diupdate secara berkala, serta mewakili dan berdasarkan sudut pandang ‘karakter’ tertentu yang menjadikannya kontennya khas (umumnya menggunakan sudut pandang personal). Standar nya, konten blog diurutkan secara kronologis terbalik (konten baru di depan, konten lama di belakang) dan dapat dikomentari”. Versi bloggingly.com




Blog! Bagi saya blog adalah tempat mengekspresikan perasaan dan pikiran terhadap segala sesuatu. Ngeblog! Saya memulai kegiatan ini, 4 januari 2012 kemarin. Tergolong masih baru ya ? Sebenarnya, di 2008 saya sudah tertarik untuk nge-blog. Sering browsing mencari-cari cerita, puisi, motivasi, membuat saya ‘terdampar’ di blog-blog keren. Iri donk. Saya pun membuat 2 blog. Tapi yah, abal-abal, selesai dibuat, tak pernah di-update. Dan akhirnya, januari 2012, ketika itu saya berkabung karena baru saja patah hati dan ingin cepat-cepat MOVE ON. Mencari pelarian yang positif, supaya tak galau terus menerus, lalu nge blog lah jawabannya! Intinya, blog ini akhirnya betul-betul terlahir gara-gara patah hati. Hihihiii.

Tapi, jangan kira isi postingan saya galau semua ya. Ada sih beberapa, tapi alhamdulillah galaunya sembunyi-sembunyi tersirat. Saya ingat, awal-awal ngeblog, saya rajin searching tentang ‘how to be nice blogger’, ‘how to get many friends by using blog’, dan banyak how-how lainnya. Mencari bekal + peta, biar tidak lelah dan tersesat di perjalanan J. Dan syukurnya, itu semua membantu saya menikmati perjalanan di dunia blog yang sangat menyenangkan ini.





Ya, dunia per-blogger-an sangat menyenangkan! Tak hanya punya 'rumah' buat menyimpan tulisan saya (dan bisa dibaca orang banyak), tapi saya juga ‘Bertemu’ jiwa-jiwa dengan karakter yang berbeda. Bersilaturahmi (meski hanya di dunia maya). Meskipun kadang saya ‘jealous’ melihat komunitas-komunitas bloggers Indonesia yang sering mengadakan Kopdar, membaca kebahagiaan mereka ketika bisa bertatap langsung dengan sesama blogger yang sebelumnya hanya bertemu di dunia maya. Yah saya hanya bisa membayangkan seru nya kopdar, karena saya belum banyak menemukan blogger di kota saya. Semoga someday, kami bisa Kopdar juga! Amin.

Lihat, blog pun menjadi sarana untuk memperluas 'jaringan'. Menjadi ajang untuk bertukar pikiran! Mempererat tali persaudaraan anak bangsa ! Luar biasa! :)



Oiya, dalam dunia blog, sebut saja Ollie yang sukses menjadi penulis terkenal dan karir sukses nya dimulai berkat nge-blog! Tak hanya menjadi penulis lebih dari 20 buku fiksi, tapi Ollie juga seorang entrepeneur dalam berbagai bisnis on line. Yang sering jalan-jalan ke toko buku online www.kutukutubuku.com pasti sudah tak asing lagi dengan mbak cantik ini. Bukan hanya itu, Ollie juga mendirikan online self publishing www.nulisbuku.com , game studio www.tempalabs.com dan konsultan di bidang e-commerce solution www.tukusolution.com hingga muslimah fashion line-nya sendiri www.salsabeelashop.com . Waw ! Berkat ngeblog, Ollie menjadi success entrepeneur dan masuk Top 10 Beautiful Woman in Indonesia IT world versi majalah InfoKomputer.

Tak hanya itu, masih banyak ‘hadiah’ yang didapatkan Ollie berkat ngeblog. Karena hobi jalan-jalan dan foto-foto nya, setiaap pulang jalan-jalan, Ollie selalu menceritakan pengalamannya di blog. Ternyata passion nya dilihat oleh beberapa pihak. Berbagai tawaran untuk meliput tempat-tempat wisata pun berdatangan. Tanpa sengaja ia menjadi travel writer. Jalan-jalan gratis (dari berbagai pihak) ke Singapore, Vietnam, Beijing, Pulau Komodo dan masih banyak lagi. Berkat nge-blog, Ia pun jadi seorang traveller yang dibiayai! Amazing bukan? Ini hanya sebagian kecil hadiah yang didapatkan Ollie berkat nge blog loh. Banyak juga blogger lain yang mendapatkan hadiah-hadiah keren. Dan Bukan Cuma Ollie, masih ada Raditya Dika, Trinity, Muh Assad, dll yang juga sudah sukses menjadi penulis buku-buku best seller ( Masih hanya mereka yang saya tau ya, karena pasti banyaak yang sudah sukses tapi saya nya yang ga tau*ndeso*). Dan semua sukses mereka berawal dari blog!!












      


Coba bayangkan, kalau banyak blogger yang berekspresi sangat sangat positif seperti mereka, saya yakin bukan hanya diri sendiri yang akan memiliki kemajuan yang sangat Waw, tapi juga bangsa kita , bangsa Indonesia. Indonesia akan punya generasi-generasi yang semakin kreatif, berdaya saing yang positif dan tentunya kita tak perlu kaget dengan ide-ide brilian yang akan muncul dari bloggers Indonesia !!




Saya semakin cinta dengan dunia ini. Cinta dengan sisi positifnya, banyak manfaatnya, dan ternyata nge-blog ini membantu saya mengasah kemampuan berimajinasi, beropini, menulis dan kemampuan bersilaturahmi J. Mengutip pendapat Emiralda (seorang blogger juga), dalam buku Creative blog writing by Ollie,
“ Blogging bisa mempertajam writing skill. Ada writer wannabes, yang latihan nulis flash fiction di blognya, kalau diliat over few yearsnya, pasti cara menulisnya akan berkembang dan dapat masukan dari pembaca juga. Blogging mempertajam kemampuan observasi, juga imajinasi. Bisa dimulai dari melihat hal-hal sederhana di sekitar, yang mungkin sebenarnya sih biasa ajs, tapi bisa diolah menjadi nggak biasa dengan sedikit imajinasi.
Dengan blogging, kita juga bisa berbagi hal-hal yang menarik untuk kita, atau hal-hal yang memang kita expert di dalamnya. Berbagi itu indah bukan?
Trus juga, blogging bisa menambah teman yang interestnya sama, bertukar informasi tentang interest tersebut, bahkan bisa bikin komunitas. Lalu malah mungkin bisa bersinergi bersama, berkarya bersama. Membangun bangsa ke arah lebih baik juga bisa kok, mbak! :D
Menulis blog itu really something that keeps me sane.” Setujuuu, Mbaak!



Bagaimana, Nge-blog itu keren kan? Banyak manfaatnya. Nah, melihat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, maka saya mengajak teman-teman yang membaca tulisan saya ini, (terutama generasi muda yang belum nge-blog)  untuk menjadi bloggers! Untuk berkreasi, menunjukkan potensi diri, untuk menjadi penulis, designer, photographer, pebisnis, dan masih banyak lagi!
Saatnya bloggers meMajukan bangsa ke arah yang lebih cerah! Jangan ada alasan, saya tak pintar menulis. Ketahuilah, tak harus pintar menulis untuk menjadi bagian dari dunia blog, tapi berada di sini lah yang membuat kita jadi pintar menulis. Menjadi  sukses lewat nge-blog pun Sangat bisa! Dengan fakta bahwa penulis blog jumlahnya jauh lebih sedikit daripada pembaca blog, kesempatan yang tepat terbuka lebar untuk kita bisa bersinar dengan blog! Don't wait too long, Come on get our dreams, make a brighter Indonesia and start it by blogging !

*Reference: Creative blog writing by Ollie

25 comments:

  1. Replies
    1. HIdupp Blogger !!! :DDD

      thanx for coming here :D

      Delete
  2. dari 2008?? WOW! semoga blog ini jadi bagian perubahan di indonesia yah..

    iya mereka yang disebutin diatas menjadi saksi perjalanan bahwa ngeblog itu bukan buang buang waktu tapi ada sisi positipnya yang di dapat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D aamiin, blog bang Uzay juga, semoga makin 'berisi' dan memperbaiki anak bangsa .. :)

      Betull Skaaalii, Bang !!!
      :))

      Delete
  3. Hmm..berada disinilah yang membuat kita jadi pintar.
    *Quote this yaa...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wani pirooo ?? :DD
      hehehee

      Okeh, salam soliid !!!

      Delete
  4. dari sinilah kita bisa sharing dan tukar pengalaman...
    saling mengenal..!!!!!!!
    dan jalin silatur rahmi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iaa, benar skali !!!
      Blog memang ajaib :D

      Delete
  5. wah tulisan ini bisa dimasukkan ke kontesnya pakde cholik nih...atau memang tulisan ini diikutsertakan di sebuah kontes? keren lohh.. maju ngeblog dan majukan bangsa indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak HIma..

      Ga kok mbak, tulisan ini 1st project of bloggers shout out campaign . Hehehee

      Saya justru belum tau ttg kontes nya pakde cholik, *saya ketinggalan info ya*

      Iyaa , semangatt ngeebloggg !! :)

      Delete
  6. bacanya gue jadi bergairah nge-Blog Ni .
    hehe
    apapun itu, asal pas sukses nanti kita tetep jad blogger yang rendah hati ya .. amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin,, semoga kita semuaa suksesss ya bang..
      aamiin, aamiin , aamiin ...
      :) :)

      Delete
  7. setuju...
    menurutku ada kepuasan tersendiri saat karya atau tulisan kita bisa dibaca orang banyak. go blogger indonesia!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rasanya gimaanaa gituu ...
      apalagi kalo dapat saran, atau pujian ... hehehee

      Go Blogger GO !!! :D

      Delete
  8. Hmmm mereka itu memang blogger kereen... semoga kita semakin keren dan berkualitas kayak mereka . amiin amiiin. salam solid kakak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aamiin aamiin. Semoga ya dek ya . :))

      Salaaam Soliiid :DD

      Delete
  9. wah, coba kalo dari 2008 udah aktif ngeblog...
    pasti dah jadi webmaster skarang ya...

    Smangat Malam... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehee,,, :DDD
      Hmm. Mungkin kali ya :p

      Semangaat Paaagii !!! :D ;p

      Delete
  10. kunjungan perdana kesini, salam kenal Unni :)
    dunia blog memang sangat menyenangkan, awalnya dari ikut-ikutan tapi ternyata menemukan keasyikan tersendiri dengan ngeBlog..Semangat ngeBlog!! salam solid :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salaaam Kenaaal Widiiee :)
      makasih kunjungannya :)
      Semangaaatt truuus ya :) Slam Soliid ! :)

      Delete
  11. mereka itu beda dari kita,,, -_-
    isi blognya aja cerdas dan inspiratif
    nah kalo kawan2 disini?
    galau sana,galau sini,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehee :)
      siapa bilang kawan2 di sini ga cerdas dn ga inspiratif ??
      Banyak yg cerdas,kreatif dan inspiratif kok !

      Galau kan bagian dari proses menuju dewasa !
      karena pernah galau, makanya orang bisa Move On !

      Nah, di situlah, kita bisa belajarr untuk lebih baik ke depannya..
      Eeeeaaa :D hehee

      etss,,Raditya dika juga pernah bergalau2 ria kok :)
      ga ada yang salah dengan galau !!! hihihii

      bdw, makasih kunjungannya :)

      Delete
  12. salam kenal Unni... :)
    lumayan sama yah sejarah kita dengan blog.
    kecuali galaunya sih...

    keep ngeblog dan salam solid! =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jugaa khairunn :)

      hihihii, hidup Galauu dahh !!
      yup yup, keep nge-blog, keep spirit dan salaam soliidd !! :)

      Delete
  13. YOOOO! GO BLOG! Remember, it's not goblok, but go blog! Salam solid yuah

    Done follow. Visit and follow back my blog, please?

    ReplyDelete