Saturday, February 11, 2012

Just for my real soulmate

Assalamu’alaikum,
Alhamdulillah, 11 February 2012 ... Masih sehat, g kurang suatu apapun. J
Kalian juga kan?
Oiy, sebelumnya saya turut berbelasungkawa buat kecelakaan maut Bus Karunia Bakti di Cisarua jumat malam kemarin yang menewaskan 13 orang dan mengakibatkan korban luka lainnya. Semoga semua pihak yang tertimpa musibah ini, dinaikkan derajatnya oleh Allah SWT, aamiin.
Hari ini saya jd anak tunggal di rumah, cantik sendirian lagi. Hahaay... Eh, ga ding. Ga jd anak tunggal, masih ada Randy, ade’ sepupu saya rupanya juga stay di rumah hari ini , dalam kurung tidur ,hihihii. Langit mendung + angin yang unyu2 memang klop ya dipake buat tepar seharian. Pantas aza, Randy belum siuman sampe jam 13.25 tadi... Ntu mimpi ampe berapa seasoon, bangg ?? pika16

Naaah, ade kuaandung saya yang Cuma sebiji itu, yang ternyata lebih LAKU daripada saya , lagi ngampus, nyari jodoh dia. Ijinkan saya untuk mengenalkan dia pada anda. pika21

Nama nya Nina, Nina Rizka Amalia. Anaknya pemalu. 2 tahun beda umur kami berdua. Mungkin jarak umur kami yang dekat membuat kami jadi seperti teman. Dia jarang menyebut diriku yang besar ini , Kakak. Dan yah, begitu juga saya, tak sering memanggilnya Ade’ . Dan yang lebih parahnya lg, Kami sering bertengkar. Dari jaman bahuela waktu masih unyu nihhh, segala hal kami ributkan. Mulai dari rebutan Baju lah, makanan, maenan, uang, buku, sarung, minyak gosok, kompor, ulekan, kulkas, suami orangg, Ehhh.. whaat ?? Anak kecil jaman kapan maen rebutan ulekan, kompor ampe suamii oraaang, buuu?? Okeh okehh, enyahkann yang tak masuk akal itu. :astig:
Kami sering saling cubit, pukul, tendang eenn saling senggolll, bacoookkk!! Ga terhingga berapa kali orang tua kami, kami buat naik darah untuk menghentikan anak-anaknya yang lagi fighting.
Yah, begitulah kami, sampe umur kepala 2 pun ga banyak yang berubah, kecuali timbangan BB saya plus timbangan frekuensi pertengkaran kami. Bertengkar udah jadi rutinitas, ciin. Kadang saya yang memulai. Saya paling sering marah ke dia hanya gara-gara dia suka ga menyimpan kembali barang-barang saya yang habis dia pakai atau dia meminjam sesuatu dan saya ga kasih ya karena itu tadi, saya mau barang itu harus ada di tempat semula. Kadar emosi saya memang tinggi setinggi tower dekat rumah. Sedangkan dia, tipe anak2 ababil, yang kalo dapat masalah di LUAR RUMAH, pasti orang rumah kena muka cemberutnya. Diajakin ngomong, malaslah, marah2 sendiri, ini menyebalkan menurut saya. Ga ada yang dewasa. Semua hampir masih kaya’ jaman dulu, BEDanya? Ga ada Adu Fisik ! Selebihnya, ga ada yang berubah. Saya masih dengan KETIDAKMAMPUAN menjadi kakak yang baik untuk Nina, dan dia yang MUNGKIN belum dewasa dan bersikap sebagaimana ade ke kakaknya, yang karena memang ga dapat sosok kakak yang seharusnya dari saya.

Oh iya saya pernah kecewa, sama diri saya sendiri. Sebagai kakak saya gagal ketika itu. Waktu itu Nina punya tugas mentranslate materi kuliahnya. Dan dia stres sendiri berhari-hari. Saya baru ngeh pas baca status nya di fesbuk, dia mengeluh dengan tugasnya. Saya, kakaknya yang kebetulan lg kuliah di jurusan pendidikan bhs.Inggris ga pernah di-minta-in tolong buat translate-kan tugasnya ketika itu. Saya tanya ke mama, dan apa kata mama, “Dia malas tanya tugasnya sama kau, karena katanya kau terlalu cerewet”. I can say nothing about thispika24


Dan yang juga saya pikirkan adalah Kesian bgd ya papa sama mama saya dapat anak gede-gede tapi ga da dewasa-dewasanya. Padahal orang tua saya selalu bilang “Nak, kamu itu Cuma berdua, mestinya baku (saling) sayang, besok2 kalo papa sama mama so te ada (sudah ga ada), trus kamu (kalian) masih begini-begini juga,bertengkar terus, siapa yang mau tolong kamu (kalian) kalo ada kesulitan? Itu gunanya sodara, harus baku (saling) bantu, kamu (kalian) mau sampe papa mama mati masih liat kamu baku tengkar (bertengkar) teruuss? ” . Nasehat dari orang tua saya yang bisa menyadarkan kami seketika , dan seketika itu juga kami bisa fighting kembali -_-
:tendang:
Jangan dikira saya ga sayang sama Nina. Saya sayaang kok sama dia. Sayaaang bgd. Buktinya??? Nah , ini dia yang susah. Susah buat saya collect bukti2 kalo saya sayang. Parah kan saya? Apa hanya karena TAKDIR persaudaraan,saya kakaknya trus dia ade’ saya, trus saya bisa bilang saya sayang ade’ saya. Ya Allah, hilang dimana bukti2 itu ? tunggu, coba ingat moment2 yang udah lewat sama dia? Banyak. Tapi ya itu tadi lebih banyak momen pertengkarannnnnyaa.

Ya Allah , kemana waktu yang Kau berikan ? Saya me-rewind kaset hidup saya. 2o tahun saya dan Nina sama-sama, se-rumah, tapi apa? Kami hanya banyak menciptakan ‘sampah’ yang bahkan ga bisa di daur ulang. Ga da gunanya. Kami ga pernah berubah, saya tepatnya. Saya ga bisa jadi kakak yang baik untuk ade’ saya sendiri, ade satu-satunya. Sampe kapan saya harus se-jahat ini, ya Allah? Apa sampai Kau harus memisahkan kami ?


Terpisah??? Saya membayangkan bagaimana kalo tiba-tiba salah satu dari kami ‘pergi’. Na’udzubillah. Begituuuu banyak salah saya sebagai kakaknya. Saya, kakak yang mungkin ga sayang ke ade’nya, yang selalu marah-marah sama dia. ya Allah, saya ga pernah bersyukur punya seorang ade’ yang seharusnya jadi sahabat saya dalam hal apapun, seorang yang harusnya saya bantu dalam tiap susahnya, seorang yang harusnya membutuhkan saya ketika dia ada masalah, seorang yang harusnya bersama saya ketika tertawa , ketika menangis, tapi saya justru lebih sering menyakitinya dengan alasan-alasan yang tak penting. Maafkan saya, de’..



Jangan buat sesal saya jadi tambah parah ya Allah. Ijinkan saya berubah jadi kakak yang baik untuk ade’ saya yang hanya sebiji itu. Ijinkan kami jadi saudara yang saling menyayangi, yang buat org tua bangga dengan ke-AKUR-an kami, yang saling bantu, saling ngasih uang , asal JANGAN saling ngasih jodoh !! aamiin.

Alhamdulillah,Saya pelan-pelan mencoba untuk ‘move’ dari sikap saya yang dulu, dan ajaib nya, ade’ saya juga ikut berubah. Kami jarang bertengkar 2 bulan terakhir ini. Stock sabar saya terus saya pupuk. Dan semoga hasilnya lebih baik nanti.

Nina
Untuk nina, adik saya, Lewat tulisan ini , saya mau bilang, “ Sa minta maaf nah, buat salahku yang dulu-dulu sampe edisi yang terbaru sama kau. Sa sayang kau, karena sebenarnya kita itu satu. Sa minta maaf karena te (ga) bisa jadi kakak yang baik kemarin, tapi sa janji sa bakalan berubah. Sa nda mau di antara kita berdua ada yang menyesal, nanti. Tapi kau juga , jangan marah-marah sendiri, bikin jengkel, tau! Jidat jenongmu itu tambah banyak kerutannya ! hahaha ! oK, kita mulai dari NOL lg pertengkarannya , eh semuanya maksudku.. hahahaa ” ( sumpah, saya MALU kalo harus bilang langsung ke orangnya )
Mungkin ada yang kisahnnya hampir sama dengan kisah saya. Saya ga bermaksud untuk mengajari , menggurui atau malah menasehati. Saya hanya ingin mengajak, Marilah kita sama-sama merenung, memang Bertengkar dengan kakak atau adik adalah hal yang wajar. Yang ga wajar adalah ketika kita bertengkar dengan saudara orang,,hehehe... yang ga wajar adalah ketika hanya si SUBJEKTIF yang ada di kepala, kita menuntut saudara untuk mem-BAIK-i kita, sementara kita belum melakukan ‘BAIK’ itu sendiri. Mari coba untuk mulai semuanya dari diri sendiri. Pikir baik-baik kesalahan kita first, baru liat kesalahan adik atau kakak kita. Dan habis itu kita bakalan sadar, kalo mungkin kita lah sumber masalah nya . Dan juga Jangan Cuma Omong Doank apalagi marah sana-sini sama sodara dan suruh dia berubah, n kita teteup gitu2 aja ga ada perubahan. Action teteeup harus lebih utama. Dan selalulah ingat (utk kakak beradik yang msh belum ketemu jodoh), kalo nanti kita juga bakalan menjalani hidup masing-masing (berkeluarga). Kita akan ‘kehilangan’ saudara kita ketika ia bertemu dengan jodohnya, seseorang yang lebih ber-hak mendapatkan seluruh perhatiannya nanti.
Kita ga mau semuanya terlambat kan?? Menyadari kalo kita sayaaaang bgd sama seseorang ketika dia udah ga ada. Saudara sendiri pula. Aduh, jangan sampe deh. :nangis:
Bismillah, Mari terus saling mengingatkan, saling menegur dan saling membawa ke arah kebaikan, insha Allah semua ada berkahnya. Aamiin.
Titip salam saya buat semua saudara anda. Yang anak tunggal, salamnya buat sahabat2 yang sudah seperti saudara sendiri.heheheee.. Semoga bermanfaat ya...Wassalam...pika21




4 comments:

  1. Hahahaha... Kayaknya semua adek kakak kayak gitu deh un. Apalagi umurnya deketan. Biasanya akan saling kangen nanti kalo salah satunya keluar dr rumah misalnya kerja atau nikah. Salam buat adiknya unni :)

    ReplyDelete
  2. hihihi, lucu. gak papa berantem, asal gak sering2

    ReplyDelete
  3. @abang : hehehee,,, iyya bang, benerr !
    iya deh, ntar disalamin..

    @mb' indah : hehehe, iyya , sekarang udah jarang mb... thank u ya mbak ..:D

    ReplyDelete
  4. salam kenal :D kalau sy harus tulis begini ke ade' ku, malu nya lunar binasa :v

    jadi.. se LAKU apa ade' nya ka uni ini? >_<

    ReplyDelete